Matcha Chiffon Cake

Bahan : (loyang chiffon 17 cm )
3 butir kuning telur
10 gr gula pasir
35 gr minyak sayur
50 gr susu cair
45 gr tepung protein rendah
6 gr bubuk green tea

3 butir putih telur
45 gr gula pasir
6 gr maizena

cara membuat :
pisahkan kuning telur dengan putih telur, kemudian kocok kuning telur dengan whisk sebentar, masukan gula, aduk rata, masukan minyak sayur, aduk rata, masukan susu, aduk rata.
ayak tepung dan green tea bubuk, tuang ke dalam adonan kuning telur aduk sampai rata, sisihkan.


campur gula pasir dengan maizena..


dalam wadah bersih & kering bebas minyak (wadah stainless kalau bisa) kocok putih telur dengan mixer kec. rendah sampai berbusa, masukan sedikit demi sedikit gula pasir sambil tetap di kocok putih telurnya, setelah gula pasirnya habis, kocok terus dengan mixer sampai soft peaks (ciri2nya mengkilap dan halus, kalau diangkat mixernya adonan putih telurnya akan membentuk lekukan sedikit tp tidak jatuh) jgn terlalu lama mengocok putih telur supaya gampang mencampur adonan putih dan kuningnya.


tambahkan kira2 1/4 adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur, aduk dengan whisk sampai rata.
selanjutnya tambahkan adonan putih telur (bagi dalam 3 batch) ke dalam kuning telur, aduk balik dengan SPATULA, ulangi 2x lg sampai adonan putih habis, dan adonan putih dan kuning tercampur rata... tuang ke dalam loyang chiffon.
oven di suhu 180'c selama 30 mnt  bisa lebih atau tergantung oven masing2...


setelah matang, balikan loyang chiffon, tunggu sampai dingin baru di keluarkan kuenya.

nb. adonan akan mengembang, jd tuang adonan ke loyang chiffon 3/4 dr tinggi chiffon saja, sisa adonan bisa dituang ke loyang cup cake ;)

Comments